Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer - Mata adalah salah satu panca indra yang pastinya semua orang memiliki, banyak sekali orang yang suka melakuakn pekerjaannya, dan mereka tidak tahu bahwa pekerjaan tersebut bisa membuat matanya rusak jika di lakukan teus menerus rabun dan sebagainya, seperti halnya jika kita bekerja di depan komputer atau juga bekerja yang memerlukan ketelitian sebuah mata itu sendiri. Sebenarnya ada tips untuk anda yang sekarang sedang menggeluti pekerjaan tersebut sesuai di bidangnya, anda harus memksakan diri untuk hidup sehat dalah kehidupan sehari-hari, terutama pola tidur anda. Karena tidur adalah jam di mana anda harus mengistirahatkan mata kita, yang seharian penuh di gunakan untuk bekerja.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer
Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Sebenarnya tidur juga tidak terlalu efektif untuk menjaga kesehatan mata sendiri, anda harus rajin mengkonsumsi sayur atau juga buah - buahan untuk menutrisi kesehatan mata, dan juga menjaga kesehatan mata itu yang paling penting. Dan cobalah untuk mengurangi pekerjaan anda lakukan, terutama untuk anda yang bekrja di depan komputer atau leptop dan sebagainya,

Terkadang kita selalu bekerja melampaui batas kita, walaupun tubuh kita sudah tidak kuat lagi untuk bekekerja lagi, dan hal tersebut sangat tidak baik untuk organ tubuh kita, terutama untuk bagian mata dan syaraf. Adapun makanan yang sangat bagus untuk mata yaitu wortol dan nutrisi lainya yang mengandung Vitamin A, seperti yang kita tahu wortol mempunyai kandungan nutrisi yang baik serta vitamin A yang bagus akan kesehatan mata sendiri, 

1. Gunakan Kaca Mata di Musim Panas 
Kita tahu bahwa di musim panas matahari sangat terik sekali pada siang hari, dan hal tersebut sangat menggangu akan mata anda jika anda pergi keluar untuk bekerja ataupu hanya jalan - jalan dan sebagainya. Nah salah satunya yaitu mengguanakan kaca mata untuk mengurangi radiasi pada mata anda dari sinar UV yang dapat membuat kerusakan serius pada mata kita. Kacamata yang baik dapat mencegah hal tersebut. Ketika membeli kacamata pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV.

2. Perbanyak Sayuran dan Buah buahan 
Sudah di jelaskan tadi bahwa buah - buahan dan juga sayuran bisa meningkatkan kinerja mata anda ketika anda bekerja dengan menggunakan mata kita, dan kelebihan lainnya jika anda mengkonsumsi buah - buahan ataupun sayuran yang mengandung banyak vitamin A yaitu ketika anda membaca anda tidak akan cepat ngantuk dan juga selalu fresh saat anda bangun dari tidur anda. Ada sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah hal tersebut, atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak pada mata kita. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.

3. Gunakan Cahaya Yang Tepat 
Untuk anda yang bekerja banyak dengan komputer atau leptop dan sebagainya, pastikan cahaya lampu di ruangan anda tempat bekerja bekerja dengan normal atau standar, atau bercahaya dengan normal. Karena kala tinggi cahayanya atau juga redup cahayanya akan menggangu mata kita, walaupun anda sendiri tidak akan merasakannya langsung dari efeknya. Arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping yang terkadang kita tidak mengetahuinya. Kurangi tingkat terang (brightness) monitor atau layar. Warnanya memang jadi tak terlalu tajam tapi mata akan jadi lebih nyaman.

4. Istirahatkan Mata Anda Dengan Waktu Yang Cukup 
Jangan paksa mata anda untuk 24 jam non stop di pakai terus atau memaksa mata kita, hal tersebut akan memperburuk kesehatan mata kita, ini bisa terjadi pada siapa saja terutama para remaja laki - laki yang suka hobi nonton bola dan kebanyakan acara bola selalu di tayangkan di jam - jam malam atau maen, alias di jam waktunya tidur. Untuk tips saja anda bisa melakukan hal ini yaitu menutup mata Anda dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali lagi. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh sesering mungkin.

5. Pakai Lensa Mata Jika Anda Membutuhkannya 
Menggunakan lensa mata untuk keperluan sehari - hari memang sah - sah saja dilakukan, akan tetapi satu hal yang harus dijaga dalam hal menggunakan lensa kontak mata ini yaitu menjaga kebersihan lensanya sendiri, karena banyak kasus tejadi mata dari si pengguna lensa kontak menjadi buta matanya. Hal tesebut bisa tejadi karena tidak menjaga dengan baik lensa kontak tesebut sehingga baktei mudah masuk ke lensa nya dan menyeran pada syaraf mata, dan di saat di gunakan tangan anda harus dalam keadaan seteril terutama di bagian ujung jari anda saat memakai lensa. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah semakin lama Anda memakai lensa kontak kita, semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi.

6. Mengurangi Cahaya Monitor 
Untuk anda yang selalu bekerja di depan monitor komputer atau laptop dan lainya, ada baiknya cahaya dari monitor tersebut kurangi atau tidak teerlalu cerah, karena cahaya yang terlalu silau bisa mempengaruhi fleksibilitas mata kita, apalagi untuk anda yang bekerja berjam - jam di depan monitor dari leptop atau komputer, selain di kurangi intens cahaya sendiri. Anda bisa menyeimbangkan cahaya dari monitor komputer atau laptop dengan cahaya dari ruang anda entah itu cahaya dari matahari langsung masuk ke kaca jendela atau juga cahaya ruang dari lampu.

7. Menggunakan Filter Monitor 
Selain menjaga penchayaan di ruangan dan juga di monitor komputer atau leptop, anda pun bisa menggunkan kaca filter khusus untuk monitor komputer anda, namun untuk anda yang bekerja dengan laptop pun ada namun berbeda jenisnya dari masing - masing. Filter monitor ini bisa mengurangi cahaya yang cerah dan juga radiasi yang selalu ada dan sering dipancarkan oleh monitor ke tubuh kita sendiri, terutama pada mata kita. Namun jika komputer anda tidak bisa di pasang filter monitor dari komputer, sebagai gantinya anda bisa menggunakan jenis kacamata terapi yang sama fungsinya untuk mengatur cahaya yang masuk pada mata itu sendiri, dan mengurangi radiasi pada mata.

nah itulah serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer semoga artikel yang admin sampaikan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semuanya

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Unknown, Published at 03.14
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO