Cara mudah agar tidak mabuk kendaraan

Cara mudah agar tidak mabuk kendaraan

Cara mudah agar tidak mabuk kendaraan - Terkadang  tidak semua orang bisa menikmati perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan. Ada beberapa orang yang mudah mengalami mabuk kendaraan. Baik itu menggunakan kendaraan laut, darat maupun udara. Biasanya jika menggunakan kendaraan umum semacam bis, kereta api atau kapal laut. Dalam istilah medis, mabuk perjalanan dikategorikan sebagai penyakit vertigo. Orang yang mengalami mabuk perjalanan ditandai dengan gejala sakit kepala, keringat dingin, mual (nausea), muntah (vomiting) dan lemas. Hal ini disebabkan oleh terganggunya sistem keseimbangan tubuh, dimana komponen-komponen sistem tersebut yaitu sistem syaraf pusat (otak), bagian dalam telinga, mata dan jaringan terdalam permukaan tubuh (proprioceptors), tidak bekerja secara sinkron.

Contohnya, telinga kita mendeteksi adanya pergerakan mobil, sedangkan mata hanya tertuju di satu titik. Kondisi mabuk kendaraan ini juga bisa dipicu atau diperparah dengan bau-bauan tajam, rokok, kurangnya oksigen, kondisi kendaraan hingga daya tahan tubuh dan kebiasaan seseorang melakukan perjalanan jauh.

Cara mudah agar tidak mabuk kendaraan
mabuk kendaraan
Setiap orang dapat mengalami mabuk kendaraan, baik itu, pria, wanita, tua maupun muda. Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi  agar tidak mabuk kendaraan :

Makan sebelum berkendara - Biasakan untuk makan sebelum bepergian. Berkendara dengan perut kosong bisa menyebabkan mual. Namun jangan terlalu kenyang karena justru akan mudah mengalami muntah. Jangan mengonsumsi makanan yang berlemak, mengandung gula tinggi dan terlalu asam.

Melihat pemandangan - Jika anda termasuk orang yang sering mengalami mabuk kendaraan, maka jangan sekali-sekali membaca buku, sms-an, atau menonton video selama perjalanan. Memfokuskan mata ke satu titik terlalu lama hanya akan membuat Anda cepat pusing. Usahakan untuk melihat pemandangan. Bisa juga disertai dengan mendengarkan musik kesukaan.

Duduk di kursi depan - Banyak yang menyarankan kepada orang yang sering mabuk kendaraan untuk duduk di kursi depan. Hal ini ada benarnya juga. Hindari duduk di kursi yang berlawanan dengan laju mobil karena akan mengakibatkan cepat pusing.

Hirup udara segar - Jangan biarkan mobil tertutup rapat. Buka sedikit jendela agar sirkulasi udara berjalan lancar. Ingat, kurangnya kadar oksigen di dalam mobil bisa jadi penyebab mabuk kendaraan serta daya tahan tubuh menurun.

Ambil waktu istirahat - Jika anda melakukan perjalanan jauh, ambillah waktu untuk beristirahat setiap 4-5 jam sekali. Gunakan waktu istirahat tersebut untuk memperbaiki kondisi tubuh, melemaskan otot-otot yang tegang serta bercanda bersama keluarga. Hal ini dapat mengusir stres selama perjalanan.


Siapkan obat mabuk kendaraan - Jika semua cara yang sudah dilakukan tidak berhasil, maka jurus terakhir adalah obat anti mabuk. Anda bisa mendapatkannya di apotek atau minimarket. Demi kenyamanan sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

nah itu serangkaian artikel mengenai Cara mudah agar tidak mabuk kendaraan , semoga bermanfaat bagi para pembaca dan selamat mencoba , dan jangan lupa bacaa juga artikel mengenai cara menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat disini

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Unknown, Published at 02.14
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO