Minum Menggunakan Sedotan Ternyata Berbahaya

Minum Menggunakan Sedotan Ternyata Berbahaya

Minum Menggunakan Sedotan Ternyata BerbahayaMinum menggunakan sedotan adalah cara yang banyak dilakukan oleh orang karena selain memudahkan untuk minum yang dingin, minum menggunakan sedotan juga memberikan sensasi tersendiri ketika kita sedang minum air. Minum menggunakan sedotan juga dapat mencegah gigi berlubang dan pembusukan gigi lho ternyata, khususnya ketika meminum beberapa jenis minuman yang mengandung banyak gula atau yang manis manis.

Karena menggunakan sedotan memungkinkan minuman yang mengandung gula tersebut langsung digelontorkan ke dalam kerongkongan kita. Walaupun ada manfaatnya juga sih, ternyata minum menggunakan sedotan juga dapat menumbulkan pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita, terlebih jika menggunakannya terlalu sering. 

Minum Menggunakan Sedotan Ternyata Berbahaya

Minum Menggunakan Sedotan Ternyata Berbahaya

Berikut adalah bahaya minum menggunakan sedotan diantaranya :


Merusak Gigi kita Karena Salah Menggunakannya


Memang sih, dengan menggunakan sedotan dapat mencegah gigi berlubang dan pembusukan gigi karena sedotan dapat mengantar minuman yang mengandung gula langsung masuk ke dalam kerongkongan kita, tetapi itu bila Anda melakukannya dengan benar dengan cara memasukkan sedotan ke bagian belakang mulut kita. Masalahnya banyak orang yang salah menggunakannya.

Menurut Mark Burhenne DDS cosmetic dentist yang juga pendiri AsktheDentist ini meskipun minum lewat sedotan kita tetap bisa merasakan minuman itu menyentuh gigi kita. Hal ini disebabkan kebanyakan orang menyelipkan ujung sedotan di antara bibir dan di depan gigi kita, sehingga efek meminum minuman manis yang dapat merusak gigi masih bisa terasa.

"Orang yang menahan sedotan di antara gigi di bagian belakang giginya masih terpapar lho. dan Ingat lidah itu terus bersentuhan dengan gigi kita, jadi jika ada soda atau kopi menyentuh lidah kita, artinya juga mengenai gigi kita. Ketika Anda mencicipi minuman tersebut, gigi pasti sudah terpapar" katanya.

Satu-satunya cara untuk melindungi gigi adalah dengan menaruh ujung sedotan di bagian belakang mulut kita, di balik gigi dan lidah kita, sehingga cairan akan berpindah dari gelas langsung ke belakang kerongkongan tanpa menyentuh gigi anda. Kira-kira sama dengan menenggak minuman yang langsung diluncurkan ke dalam kerongkongan kita, dan bukan seperti menyedot-nyedot jus atau menyeruput kopi untuk menikmatinya perlahan-lahan.

Usai minum  kopi, soda, jus, dan teh, Dr Burhenne menyarankan untuk berkumur dengan air putih dan menggosok gigi anda. Selain menetralisasi kandungan asam juga, cara ini juga akan meminimalkan noda minuman tertinggal pada gigi.


Membuat Kembung


Siapa yang menyangka coba, minum menggunakan sedotan ternyata bisa menimbulkan masalah pencernaan karena perut Anda menyimpan terlalu banyak udara di perut. Tak perlu membayangkan bahwa Anda baru saja membuka mulut lebar-lebar sehingga begitu banyak udara yang terhirup ke dalam tubuh kita.

Sadar atau tidak sadar, Anda sebenarnya menelan banyak udara ketika Anda makan atau minum sehari-hari. Menurut Diana Rodriquez penulis artikel-artikel kesehatan di Health Day 50 persen dari gas yang ada di dalam tubuh disebabkan karena Anda menelan terlalu banyak udara melalui makanan. Ketika Anda menyeruput cairan melalui sedotan lho ternyata, Anda juga menghirup udara Inilah yang menyebabkan lama-kelamaan Anda akan mengalami kembung.

tentu saja tidak berarti Anda sekarang tak boleh memakai sedotan sama sekali saat minum. Jadikan informasi ini sebagai sesuatu untuk dipikirkan kembali saat anda minum menggunakan sedotan. Selama Anda tidak secara rutin menggunakan sedotan, tentu tak jadi masalah.


Sudut Mulut Menjadi Keriput

Lesley M M Blume penulis buku Let's Bring Back: An Encyclopedia of Forgotten-Yet-Delightful, Chic Useful, Curious, and Otherwise Commendable Things from Times Gone By mengatakan bahwa mulut kita akan mengerucut ketika minum menggunakan sedotan tersebut. Bayangkan bila Anda selama bertahun-tahun menggunakan sedotan untuk minum sudut mulut akan lebih cepat keriput ternyata. Wajah juga akan terlihat lebih tirus namun tidak sedap dipandang oleh mata. Kondisi yang sama juga akan dialami perempuan yang punya kebiasaan merokok.

"Kerutan yang Anda lakukan untuk menyedot minuman dengan sedotan menyamai apa yang dilakukan perokok ketika mereka menghisap rokoknya yang akan menimbulkan kerutan-kerutan yang tak enak dilihat di sekitar bibir atas," ujar Dr Burhenne mengiyakan pendapat Blume.

nah itulah serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai Minum Menggunakan Sedotan Ternyata Berbahaya semoga artikel yang admin sampaikan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semuanya

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Unknown, Published at 02.15
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO