cara perawatan luka luar yang terinfeksi dengan mudah

cara perawatan luka luar yang terinfeksi dengan mudah

cara  perawatan luka luar yang terinfeksi dengan mudah - Selamat malam semuanya  para pembaca..Kali ini saya akan membagikan tips seputar cara perawatan luka luar yang terinfeksi.dengan mudah, apasih luka itu,ciaaa masih aja ada yang nanya.Bagi yang belum tau luka itu apa nih definisinya. Luka adalah hilang atau rusaknya sebagian jaringan tubuh yang disebabkan oleh trauma benda tajam atau tumpul, perubahan suhu, zat kimia, ledakan, sengatan listrik atau gigitan hewan. Luka adalah suatu gangguan dari kondisi normal pada kulit. Nah sekarang sudah tahu kan.

Dalam kondisi normal luka akan sembuh dengan sendirinya dengan catatan luka di rawat dan dijaga kehigenisannya (kok kaya makanan). Tetapi bagaimana kalau terlanjur terinfeksi, mari kita bahas. Apa sih ciri-ciri luka yang terinfeksi, sbb :

Ciri awal yang ditunjukan adalah luka tidak kunjung mengering setelah minimal seminggu diobati dengan cairan antiseptik, ditandai rasa gatal dan terus keluaran cairan bening dari luka tersebut. Dan bila kondisi ini tidak segera ditindak lanjuti maka ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Pertama luka tampak seakan mengering dengan ditandai jaringan luka yang terlihat mengering, namun sebenarnya di dalam lapisan itu sedang terjadi proses infeksi yang lebih kuat, bukan sekedar cairan bening lagi yang keluar melainkan cairan nanah bercampur darah yang akan keluar bila lapisan kering tersebut di tekan atau dipencet.  Kondisi kedua adalah tidak ada gejala lapisan luka yang mengering namun lukaakan tampak basah dan cenderung semakin meluas jaringan lukannya dan ditandai juga dengan keluarnya nanah.

cara  perawatan luka luar yang terinfeksi dengan mudah
kesehatanmu
 cara perawatan luka luar yang terinfeksi dengan mudah

Pertama Pastikan luka yang akan dirawat telah di bersihkan sebersih bersihnya, jangan gunakan air untuk proses pembersihan luka ini, gunakanlah cairan rivanol. Untuk langkah awal setelah infeksi adalah gunakan kain kassa yang di basahi rivanol/basahi seluruh bagian kassa lalu kompres luka yang terinfeksi tadi dengan menaruh kassa yang sudah dibasahi rivanol tadi diatas luka, diamkan sekitar 3 menit kemudian tekan secara perlahan ke semua sisi luka dengan maksud agar kotoran dan sisa sisa nanah keluar kemudian angkat kain kassa tersebut. Kemudain penting untuk dilakukan adalah mengeringkan luka yang sudah dikompres rivanol tersebut dengan cara diangin anginkan, pastikan luka sudah benar benar kering dari cairan rivanol.

KeduaKarena luka sudah terinfeksi maka tidak cukup dengan menggunakan betadine atau obat merah saja, untuk hal ini gunakan salep khusus luka infeksi, yang saya pakai adalah salep luka kemicitine/kalmicetine. Salep ini khusus untuk luka infeksi, gunakan secukupnya saja sampai rata keseluruh permukaan luka dan sekitar luka

KetigaSetelah langkah satu dan dua maka langkah selanjutnya adalah membungkus luka dengan kain kassa steril, jangan membungkus terlalu rapat karena hal ini justru akan memperlambat proses penyembuhan dikarenakan kelembapan yang ditimbulakn dari menutup luka yang terlalu rapat, longgardan santai saja yang terpenting luka tertutup sempurna.

KeempatLangkah yang paling istimewa dari ketiga langkah di atas adalah berdoa memohon kesembuhan kepada Yang  Maha Kuasa. Karena segala kekuasaan serta kesembuhan ada ditanganNya. 

Nah, biasanya setelah melakukan tahapan-tahapan tersebut dalam 3 hari Insya Allah akan menunjukan tanda-tanda positif. Ditandai dengan mengeringnya luka di mulai dari sisi luar. Hilangnya gejala merah merah disekitar luka, dan luka tampak lebih indah dari sebelumnya   

Itulah beberapa uraian artikel yang dapat admin berikan mengenai informasi cara perawatan luka luar yang terinfeksi dengan mudah Semoga bermanfaat untuk anda dan selamat Mencoba, dan jangan lupa kunjungi cara menyembuhkan gigi secara alami disini

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by aris miranto, Published at 21.24
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO