Seberapa Banyak Darah Pada Tubuh Kita

Seberapa Banyak Darah Pada Tubuh Kita

Seberapa Banyak Darah Pada Tubuh Kita Bagi tubuh, darah memiliki banyak fungsi mulai dari mengedarkan sari-sari makanan hingga mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Namun tahukah Anda ada seberapa banyak jumlah darah dalam tubuh kita? 

Pada orang dewasa terdapat 4,5 - 5,5 liter darah seperti diungkapkan hematolog dan onkolog dari University of Florida Cancer Center, Daniel Landau.

Seberapa Banyak Darah Pada Tubuh Kita

Seberapa Banyak Darah Pada Tubuh Kita
Seberapa Banyak Darah Pada Tubuh Kita


Pada anak-anak usia sekitar 5-6 tahun ternyata jumlah darahnya sama dengan orang dewasa. Namun karena tubuh anak-anak masih kecil dan otot, tulang, serta organnya tidak seberat orang dewasa membuat persentase darah lebih banyak dibandingkan orang dewasa. 

Namun pada bayi, jumlah darah memang sedikit. Misalnya bayi yang lahir dengan berat 2,3-3,6 kg hanya memiliki satu cangkir atau sekitar 0,2 liter darah dalam tubuhnya. Jumlah darah tersebut sama dengan darah yang terdapat dalam tubuh kucing seberat 4,5 kg seperti diungkapkan dokter hewan Greg Nelson

Lalu ketika orang dewasa mendonorkan darah, petugas kesehatan mengambil sekitar setengah liter darah. Nah, setelah darah diambil, tubuh secara terus-menerus memproduksi sel darah merah baru dalam sumsum tulang. Namun butuh waktu untuk bisa memproduksi sel-sel darah merah yang baru ini.

"Itulah alasan Anda tidak dapat mendonorkan darah sebegitu sering, karena harus menunggu darah untuk pulih kembali. Biasanya sekitar empat sampai enam minggu," 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Unknown, Published at 12.11
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO