Lima Jenis Makanan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama

Lima Jenis Makanan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama

Lima Jenis Makanan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama Perut terdengar keroncongan, padahal beberapa jam lalu Anda baru saja sarapan dan jam makan siang pun masih jauh. Anda tentu pernah mengalami kondisi ketika napsu makan menggila dan berujung pada mengudap camilan dengan kalori, gula, dan lemak tinggi. Hal itu tentunya akan berdampak pada naiknya berat badan.

Alih-alih mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi napsu makan yang tiba-tiba menggila, sebaiknya Anda makan saja. Mungkin terdengar kontradiktif, tapi makan memang bisa meredam nafsu makan, selama Anda memilih makanan yang tepat dan membuat kenyang lebih lama.

Lima Jenis Makanan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama 

Lima Jenis Makanan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama
Lima Jenis Makanan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama

Berikut jenis makanan atau minuman yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama, 

1. Telur


Studi terbaru dari Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, Los Angeles menemukan, orang-orang dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi telur untuk sarapan menjadi kenyang lebih lama. Para partisipan itu memiliki kadar ghrelin, hormon yang memicu nafsu makan, rendah.

"Telur merupakan kombinasi protein dan lemak sehingga mereka lebih mengenyangkan dibandingkan jenis sarapan lainnya," ujar Julie Kaye, ahli diet bersertifikat di New York City.

2. Avokad


Buah avokad yang lembut dan creamy tak hanya lezat melainkan juga kaya serat dan lemak tak jenuh yang ramah bagi jantung. "Makanan yang kaya serat dan lemak menjadi lebih lama dicerna, membuat Anda tak mudah lapar dan kemungkinan mengurungkan niat Anda untuk mengudap beberapa kalori," kata Erin Palinski, penulis buku diet.

3. Air


Ada banyak alasan untuk minum lebih banyak air. H2O penting untuk menjaga organ, persendian, dan fungsi sistem pencernaan serta mencegah lapar, demikian yang dikemukakan Elizabeth DeRobertis, ahli diet yang terdaftar di Harrison, New York. Studi menunjukkan, individu yang minum dua gelas sebelum makan cenderung mengonsumsi 75 hingga 90 kalori lebih rendah ketimbang mereka yang tak minum air sama sekali.

4. Almond


Semua kacang-kacangan mengandung lemak yang baik bagi jantung, hanya saja almond mengandung serat paling tinggi per sajiannya yang membuat Anda kenyang lebih lama.

"Mengonsumsi sekitar 15 butir almond di antara makan siang dan malam bisa mengatasi keinginan mengemil pada pukul empat sore, membantu Anda menghindari mengemil kue-kue," Kaye.

5. Bubuk cabai cayenne


Rempah ini terbukti mampu meredam nafsu makan. Peneliti dari Purdue University di West Lafayette, Indiana, menemukan bahwa individu yang menambahkan setengah sendok teh cabai merah itu ke dalam makanan mereka makan 60 kalori lebih sedikit saat makan berikutnya.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by aris miranto, Published at 00.30
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO