Tanda-Tanda Anak Anda Butuh Kacamata

Tanda-Tanda Anak Anda Butuh Kacamata

Tanda-Tanda Anak Anda Butuh KacamataBerbeda dengan orang gede anak kecil cenderung tidak menyadari ketika ia memiliki masalah penglihatan nya sendiri. Apalagi rata-rata anak kecil tidak ingin berterus terang pada orangtuanya mengenai masalah yang dialaminya lho para bunda. Tahu-tahu mereka jadi kesulitan melihat sesuatu.

Hal ini lebih berpengaruh lagi ketika dialami oleh anak usia sekolah nya. Berdasar penelitian masalah penglihatan umumnya dimulai antara usia 8 hingga 12 tahun lho para bunda. Jika terlambat ditangani bukan hanya penglihatannya yang semakin terganggu tapi juga nilai akademis kepercayaan diri danjuga kemampuan bersosialisasinya.

Tanda-Tanda Anak Anda Butuh Kacamata

Tanda-Tanda Anak Anda Butuh Kacamata
Tanda-Tanda Anak Anda Butuh Kacamata

Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika kesehatan mata anak rutin dikontrol buah hati anda bund, dan secara dini mengetahui tanda-tanda anakmu membutuhkan bantuan kacamata seperti berikut ini:

Memiringkan Kepala

Ini bukan karena kebiasaan tertentu seseorang ya. Memiringkan kepala merupakan upaya sadar seseorang untuk menyesuaikan sudut dan menemukan gambaran lebih jelas. Ini secara alami terjadi ketika penglihatan satu mata lebih buruk dari mata yang satunya. Anak juga bisa lebih dekat pada objek atau tampak menutupi satu mata saat melihat.


Butuh Perjuangan untuk Membaca

Untuk yang memiliki anak usia sekolah, biasanya gejala kerusakan mata bisa terlihat saat dia membaca sesuatu. Jika ia memiliki rabun dekat, anak akan kesulitan membaca buku dan tulisan kecil. Mungkin dia salah mengeja atau membaca dengan bantuan jari. Tapi jika ia memilki rabun jauh,  gejala akan terlihat dengan lebih sulit melihat tulisan dalam jarak yang jauh.


Mengucek Mata

Coba deh, saat terlalu lama melihat komputer atau tv mungkin secara tak sadar seseorang akan mulai mengucek mata. Ini pun bisa terjadi pada anak. Jika ia terlihat lebih mudah lelah dan tertidur saat menonton atau membaca, mungkin ini karena ketegangan mata.


Sering Berkedip

Mengedipkan umum dilakukan seseorang saat matanya terganggu. Kenali tanda penglihatannya yang bermasalah jika anak berkedip semakin sering. Ini terjadi karena kesalahan bias akibat rabun jauh atau dekat yang menyebabkan mata sulit fokus pada objek.


Mengeluh Sakit Kepala

Kepala kita terdiri dari ribuan saraf. Jika ada kerusakan di mata, kemungkinannya saraf kepala juga akan mengalami gangguan. Jadi, kalau anak mengeluhkan sakit kepala lebih sering, atau umumnya, dia akan mengeluh sakit kepala saat akan tidur malam, bisa jadi ini karena gangguan di matanya.


Menyipitkan Mata

Menyipitkan mata merupakan salah satu tanda klasik ketika anak mulai kesulitan melihat. Namun jika kurang pengawasan, tanda ini akan sulit terpantau. Karena selain jumlah kerusakannya masih kecil, ini bisa diatasi dengan agak mendekatkan diri ke arah objek yang dilihat. Jadi, tetaplah waspada agar kerusakan mata tidak bertambah parah.

nah itulah serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai Tanda-Tanda Anak Anda Butuh Kacamata buat bagi para bunda bunda wajib di baca,,, ya semoga artikel yang admin tulis ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by aris miranto, Published at 00.18
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO