Cara Yang Benar Memotong Rambut Bayi

Cara Yang Benar Memotong Rambut Bayi

Cara Yang Benar Memotong Rambut Bayi - Mencukur rambut bayi adalah sunnah hukumnya didalam islam sendirii Karena dengan mencukur rambut bayi yang baru lahir maka kulit dikepala akan bersih dari penyakit yang bandel. Mencukur rambut bayi juga mempunyai tata caranya sendiri tidak sembarang asal potong saja. Karena rambut bayi terletak di kulit yang sensitif dan masih lembek jadi harus dilakukan dengan perlahan-lahan dan hati-hati.

Cara mencukur bayi dengan mempersiapkan alat-alat mencukur harus steril dan bersih agar saat proses mencukur kulit kepala bayi juga ikut bersih dan tidak terkena kuman bakteri yang bisa menimbulkan penyakit untuk kepala bayi yang kita cintai. Berikut persiapan dan alat-alat yang akan digunakan untuk mencukur bayi

Cara Yang Benar Memotong Rambut Bayi

Cara Yang Benar Memotong Rambut Bayi
Cara Yang Benar Memotong Rambut Bayi

Cara Yang Benar Memotong Rambut Bayi

Persiapan Alat :

1. Bedak bayi  

2. Air hangat

3. Gunting rambut

4. Pisau cukur yang baru dan steril.

5. Saya menyarankan bunda untuk membeli merk Gillete yang berwarna kuning seperti yang kita ketahui, atau biru yang digunakan untuk mencukur tanpa menggunakan busa sabun. Harga nya berkisar lebih kurang Empat ribuan lah Sepengalaman saya selama beberapa kali mencukur rambut bayi tercinta, tidak pernah sedikitpun mengalami luka sampai berdarah dan pisau cukur ini memang di design tidak mengakibatkan luka ketika mencukur.

6. Kapas kecantikan

7. Tissue

8. Cairan antiseptik atau alkohol

9. Handuk


Persiapan Bunda :


- Cucilah tangan bunda sebelum mulai mencukur dan pastikan semua alat dalam keadaan bersih dan steril.

- Bunda harus dalam kondisi yang tenang dan tidak takut dan ragu-ragu Jika diperlukan mintalah orang tua atau perawat yang sudah terbiasa melakukan pencukuran.

- Mintalah suami atau orang tua untuk menggendong bayi atau memposisikan bayi senyaman mungkin dong Beberapa orang berpendapat bahwa mencukur bayi saat tidur lebih baik tapi bagi saya lebih baik melakukan pencukuran pada saat bayi dalam kondisi bangun dan segar baik setelah mandi dan dalam kondisi kenyang Selain untuk kenyamanan bayi kesayangan kita juga untuk mengantisipasi terjadinya infeksi jika terjadi luka pada saat mencukur.

- Kondisikan pula suhu ruangan yang adem sehingga tidak membuat gerah bayi.
Agar bayi tidak terlalu banyak melakukan gerakan maka sebaiknya mintalah salah satu orang untuk mengajak nya bermain atau mengalihkan perhatiannya dari proses mencukur.

- Posisikan kepala bayi bersandar di siku, atau jika lehernya sudah bisa tegak, bisa memeluknya dengan cara menggendong dalam posisi duduk menghadap ke depan, sehingga pada saat mencukur semua bagian kepala dipastikan tidak tersisa rambut.

Proses Mencukur


- Gunting rambut bayi jika sangat lebat hingga menjadi sangat pendek untuk memudahkan proses pencukuran.

- Mulailah mencukur secara vertikal dari atas ke bawah perlahan-lahan.

- Bersihkan pisau cukur dengan tissue kering dari rambut si kecil, lalu lanjutkan pencukuran.

- Saya tidak menyarankan bunda untuk membasahi rambut bayi bunda pada saat dicukur, karena sepengalaman saya justru akan semakin menyulitkan mencukur karena rambut bayi yang masih halus menjadi lengket di kulit kepala. Cukup taburkan bedak bayi di kepala si kecil.

- Proses terkahir adalah melakukan proses mencukur secara vertikal tapi dengan arah berlawanan dari point 1 yaitu dari bawah ke atas atau berlawanan dengan arah jatuhnya rambut untuk merapihkan sebagian kecil sisa-sisa rambut yang masih tertinggal.

- Setelah selesai, basuh dengan air hangat kepala bayi bunda.

-Terakhir, keringkan dengan handuk dan taburi kembali dengan bedak bayi.

nah itulah serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai Cara Yang Benar Memotong Rambut Bayi semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Unknown, Published at 16.06
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO