15 Makanan yang mengandung Omega-3 yang paling baik

15 Makanan yang mengandung Omega-3 yang paling baik

15 Makanan yang mengandung Omega-3 yang paling baik - Asam lemak omega 3 sejak dulu dikenal sebagai sahabat otak dan dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan, terutama pada anak-anak. Sedangkan bagi wanita hamil, konsumsi omega 3 telah terbukti mampu membantu perkembangan sempurna janin di dalam kandungan sehingga lahir sebagai bayi yang cerdas.

Beberapa orang menganggap bahwa omega-3 cuma didapatkan dari makanan-makanan dengan harga mahal. Padahal, beberapa sumber omega 3 bisa didapatkan dari makanan yang murah dan terdapat di sekitar kita. Salah satunya adalah bayam. Sayuran yang satu ini sudah sangat akrab di telinga orang Indonesia dan mudah didapat dengan harga murah.

15 Makanan yang mengandung Omega-3 yang paling baik
15 Makanan yang mengandung Omega-3 yang paling baik
omega 3

Berikut ini adalah 15 Makanan yang mengandung Omega-3 yang paling baik, diantaranya

1. Alpukat - Alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Setiap porsi buah ini mengandung sekitar 250 mg kolesterol baik. Termasuk asam lemak omega 3, 6 dan 9. Jadi jangan takut dengan lemak yang terkandung dalam buah alpukat.

2. Minyak zaitun - Minyak zaitun mengandung kolesterol baik dalam jumlah besar. Namun, minyak zaitun yang belum diproses adalah yang terbaik untuk kandungan asam lemak Omega-3. Selain itu, buah zaitun sendiri adalah sumber vitamin E yang baik.

3. Ikan Tuna - Ikan tuna memang saat ini diperbincangkan akibat munculnya merkuri di dalamnya. Namun, jika kita dapat memilih yang masih segar dan tidak mengonsumsi secara berlebihan, ada sekira 1.100 miligram asam lemak omega-3 yang dapat diserap tubuh Anda.

4. Biji rami - Biji rami adalah makanan pertama yang kaya akan asam lemak omega-3. Khasiatnya adalah untuk melawan kolesterol dan penyakit jantung.
Untuk menjaga nutrisi omega-3 dalam biji rami, simpan makanan tersebut dalam wadah kedap udara. Setidaknya Anda harus makan dua sendok makan biji rami untuk memenuhi kebutuhan omega-3 setiap hari.

5. Biji chia - Selain biji rami, chia juga merupakan keluarga biji-bijian berikutnya yang mengandung asam lemak omega-3. Biji chia bisa dikunyah sebagai makanan ringan atau menaburkannya pada salad.

Biji chia bagus untuk pencernaan, sebab di dalamnya kaya akan serat yang membantu pergerakan makanan dalam proses pencernaan. Nilai plus lain dari biji chia adalah kemampuannya dalam memberikan daya tahan bagi tubuh.

6. Ikan Salmon - Ikan yang satu ini sudah sering disebut sebagai salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Utamakan menikmati salmon liar, karena kandungan nutrisinya jauh lebih banyak daripada yang biasa.?

Ikan lain seperti sarden, udang, kepiting, dan tiram juga memiliki kandungan asam lemak omega-3. Termasuk salmon, semuanya adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik. Makan salmon setidaknya dua sampai tiga kali seminggu.

7. Minyak ikan cod - Sebuah penelitian terbaru menyebutkan kalau asam lemak omega-3 juga banyak ditemukan pada minyak ikan. Bentuknya tersedia dalam tablet suplemen maupun sirop.

Satu pil minyak ikan dalam sehari cukup memenuhi kebutuhan omega-3 bagi Anda. Untuk menjaga nutrisinya, pastikan Anda menyimpan suplemen minyak ikan dalam wadah tertutup yang kedap udara.

8. Kacang kenari - Kacang kenari adalah camilan lezat sekaligus bergizi. Bukan cum itu, kenari adalah sumber asam lemak omega-3, serat, protein, dan zat besi. Nutrisi tersebut mendukung kesehatan jantung karena kadar kolesterolnya yang rendah. Selain dijadikan camilan, nikmati kacang kenari yang ditaburkan ke yogurt untuk digunakan sebagai makanan penutup yang lezat dan penuh gizi.

9. Kedelai - Tidak suka kacang kenari? Coba beralih ke kacang kedelai. Keluarga kacang yang satu ini bisa ditemukan dalam bentuk susu maupun produk lain. Rasanya nikmat dan kaya akan asam lemak omega-3.
Kedelai juga penuh akan nutrisi seperti serat, zat besi, protein, kalsium, vitamin K, dan folat. Nikmati susu kedelai terutama jika Anda memiliki alergi tertentu terhadap susu sapi.

10. Telur - Penuh protein dan asam lemak omega-3, itulah telur. Anda sebaiknya tidak malas mengonsumsi yang satu ini demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun ingat, bagi Anda yang punya masalah dengan kolesterol, batasi konsumsi telur atau hindari makan kuning telur. Untuk lebih jelasnya, konsultasikan saja dengan dokter terkait masalah kolesterol tersebut.

11. Kembang kol - Sayuran yang kaya akan asam lemak omega-3 adalah kembang kol. Nutrisi penting dalam kembang kol di antaranya adalah kalium, magnesium, dan niasin yang mendukung kesehatan jantung. Kembang kol biasanya dimasak dengan cara ditumis atau diolah menjadi sup. Temukan resep masakan yang lezat untuk menikmati kembang kol dan mendapatkan nutrisi sehat di dalamnya.

12. Minyak canola - Minyak canola mampu menjaga kesehatan jantung karena ada asam lemak omega-3 di dalamnya. Mengganti minyak goreng biasa dengan minyak canola adalah salah satu cara mendapatkan nutrisi di dalamnya. Selain itu, minyak canola juga bisa diteteskan ke atas salad sayur sebagai pengganti mayonnaise yang biasanya justru sangat berlemak.

13. Bayam - Terakhir, sumber makanan kaya akan asam lemak omega-3 adalah bayam. Sayuran berdaun hijau gelap ini bisa dinikmati setiap hari untuk mendapatkan asupan omega-3 bagi tubuh. Bayam juga rendah kalori dan tinggi zat besi. Jadi jangan ragu mengolah bayam menjadi makanan lezat dan mendapatkan nutrisi maksimal di dalamnya.

14. Belut - Belut atau unagi seperti kebanyakan ikan berlemak lainnya mengandung lemak esensial omega 3 yang memiliki peran penting untuk perkembangan fungsi syaraf yang erat kaitannya dengan kecerdasan pada anak di masa pertumbuhannya.

15. Ikan Lele - Sama halnya dengan omega 3 yang terdapat pada ikan lain seperti tuna, salmon, atau sarden. Selain omega 3, ikan lele adalah sumber protein tinggi yang sangat penting juga untuk pertumbuhan fisik anak.

nah itu serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai 15 Makanan yang mengandung Omega-3 yang paling baik semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan jangan lupa baca juga artikel lainya mengenai Manfaat MADU bagi kecantikan dan kesehatan

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Unknown, Published at 13.42
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO