9 Manfaat Daun Handeuleum bagi tubuh

9 Manfaat Daun Handeuleum bagi tubuh

9 Manfaat Daun Handeuleum bagi tubuh - Tanaman handeuleum mengandung kandungan kimia antara lain: Alkaloid non-toksik, flavonoid, glikosid, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format dan lemak. Dengan berbagai kandungan kimiawinya daun ungu mempunyai sifat sebagai anti-inflamasi, peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan, pelembut kulit kaki, melunakkan feses (kotoran), dan mengecilkan wasir.

9 Manfaat Daun Handeuleum bagi tubuh
9 Manfaat Daun Handeuleum bagi tubuh
Berikut adalah 9 Manfaat Daun Handeuleum bagi tubuh diantaranya;

Sembelit - Rebus 7 helai daun wungu dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum sekaligus pada pagi hari.

Ambeien - 15 helai daun handeuleum, seibu jari kunyit, sedikit gula aren direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum 2x sehari, masing-masing 1 gelas.

Bisul - Beberapa helai daun wungu dicuci lalu ditumbuk halus. Oleskan pada bisul Atau Oleskan 2 Lembar daun ungu dengan minyak kelapa secukupnya, kemudian dipanggang di atas api dan tempelkan pada bisul ketika masih hangat.

Demam karena Perut Kotor - 7 helai daun ungu, 5 iris temulawak direbus dengan segelas air. Saring. Minum 1x sehari.

Batu Empedu - 7 helai daun ungu, beberapa helai daun urat direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Melancarkan Haid - Segenggam bunga daun wungu yang sudah dikeringkan, direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1 gelas air rebusan, disarin kemudian diminum 3x sehari. Catatan: Sebaiknya diminum 3 hari menjelang haid.

Bengkak karena Terpukul - Kulit batang handeuleum ditumbuk halus lalu letakkan di bagian yang bengkak.

Rematik/Encok - Segenggam daun wungu dicuci lalu ditumbuk. Oleskan pada bagian yang sakit.

Melancarkan Buang Air Seni - Bahan: 1-2 genggam daun ungu dan adas pulowaras.

nah itu serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai 9 Manfaat Daun Handeuleum bagi tubuh semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan jangan lupa baca juga artikel lainya mengenai manfaat daun sirsak disini

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Unknown, Published at 09.30
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO