Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Kandungan Wanita

Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Kandungan Wanita

Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Kandungan Wanita Kayu manis adalah salah satu jenis bahan tambahan makanan yang alami. Kayu manis sering digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan, kue, bahkan pada bahan-bahan krim kecantikan. Kayu manis diperoleh dari kulit batang atau ranting kayu manis itu sendiri. Hingga saat ini, kayu manis telah menjadi salah satu barang komoditas ekspor yang tersebar ke beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Belanda, dan Jerman. Kayu manis sejak dahulu memang sangat kaya akan manfaat. Selain itu, aroma dari kayu manis juga sering dimanfaatkan banyak orang untuk bahan aromaterapi karena kemampuannya dapat memberikan dampak rileks bagi yang mencium aromanya.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Kandungan Wanita

Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Kandungan Wanita
Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Kandungan Wanita



Tahukah Anda jika ada lebih dari satu macam kayu manis di dunia. Hingga saat ini telah ditemukan lebih dari 55 jenis kayu manis yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Dari 55 jenis kayu manis tersebut, 12 di antaranya sering dimanfaatkan dalam bidang industri, seperti industri makanan, minuman, farmasi, dan kosmetika. 

Berikut ini beberapa jenis kayu manis yang sering dimanfaatkan di bidang industri beserta kandungan nutrisi dalam kayu manis :

Cinnamomum burmannii

Jenis kayu manis Cinnamomum burmannii merupakan kayu manis asli Indonesia. Kayu manis ini juga sering disebut dengan casia vera. Sedangkan di dunia internasional, kayu manis ini sering disebut dengan Indonesia cinnamon karena asalnya asli dari Indonesia. Jenis kayu manis ini banyak ditemukan di wilayah Sumatra Barat dan Jambi. Biasanya kayu manis ini dijual dengan harga yang relatif muah karena kandungan minyak asirinya relatif rendah.

Cinnamomum aromaticum

Jenis kayu manis Cinnamomum aromaticum dapat dijumpai di beberapa negara seperti Bangladesh, Tiongkok, India, dan Vietnam. Di bidang industri dan perdagangan, kayu manis ini sering disebut dengan Chinnese cinnamon karena asalnya yang khas dari China. bentuk dari kayu manis ini cenderung lebih tebal dan kasar bila dibandingkan dengan jenis kayu manis yang lain. Selain itu, kayu manis ini juga memiliki aroma yang relatif lebih tajam, karena itu kayu manis ini memiliki nama latin aromaticum. Dari segi warna, kayu manis ini memiliki warna coklat kemerahan.

Cinnamomum zeylanicum

Cinnamomum zeylanicum adalah kayu manis yang berasal dari Sri Lanka. Di bidang industri dan perdagangan, kayu manis ini sering disebut dengan cinnamon tres. Kayu manis ini memiliki bentuk yang relatif tipis dan bertekstur halus, serta memiliki rasa dan aroma yang relatif lebih lembut. Dari segi warna, kayu manis ini memiliki warna cokelat kekuningan. Sedangkan dari segi aroma, kayu manis ini memiliki aroma yang lebih wangi jika dibandingkan dengan jenis kayu manis yang lain.

Cinnamomum cullilawan

Cinnamomum cullilawan atau yang sering disebut dengan nama salakat atau salakar memiliki tekstur yang lunak dan berwarna putih. Kayu manis ini memiliki aroma menyerupai cengkeh. Dalam dunia industri dan perdagangan, kayu manis ini sering disebut dengan kulitlawan atau kulilawan.


Itulah beberapa jenis kayu manis yang sering dipakai dalam  dunia industri. Adapun kandungan dalam kayu manis hampir semuanya sama di setiap jenis, biasanya yang membedakan antara kayu manis satu dengan yang lainnya adalah kadar kandungan nutrisi di dalamnya. Beberapa kandungan nutrisi dalam kayu manis meliputi minyak asiri, eugenol (banyak terdapat dalam daun), safrol, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, dan zat penyamak. Di dalam minyak asiri, terdapat beberapa jenis senyawa seperti etil sinamat, betakarofilen, linalool, serta metil kavikol. Selain berbagai zat yang telah disebutkan tersebut, kayu manis juga masih memiliki kandungan senyawa lain, seperti cinnzelanol, kumarin, benzil, benzoat, serta felandren.


Hingga saat ini, kayu manis tidak hanya sering digunakan di bidang kuliner atau kosmetik. Kayu manis juga sering digunakan di bidang kesehatan. Kandungan nutrisi dalam kayu manis dipercaya dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga mencegah penyakit diabetes, mengobati penyakit maag, membantu meningkatkan fungsi otak, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghangatkan tubuh sehingga tubuh menjadi rileks.

Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, tahukah anda bahwa kayu manis berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan? Banyak orang yang telah membuktikan bahwa kayu manis berkhasiat untuk menambah kesuburan sehingga sangat disarankan bagi siapa saja yang ingin segera memiliki buah hati. Bagi Anda yang merasa sulit hamil, Anda dapat mengkonsumsi campuran serbuk kayu manis dengan madu. Kedua jenis makanan tersebut dipercaya dapat meningkatkan kesuburan sehingga bagi Anda yang ingin sesegera mungkin memiliki momongan dapat menggunakannya. Lalu, mengapa kayu manis dapat meningkatkan kesuburan? Kandungan nutrisi dalam kayu manis ternyata memiliki kemampuan untuk memperkuat rahim wanita sehingga proses pembuahan yang terjadi di dalam rahim akan lebih optimal dengan menguatnya rahim wanita.

Namun, bagi yang sedang hamil kiranya perlu waspada mengkonsumsi kayu manis. Hendaknya, konsumsi kayu manis harus dalam kadar yang dianjurkan. Konsumsi kayu manis secara berlebih saat hamil dapat mengganggu perkembangan otak janin. Kayu manis memiliki kandungan glycyrrhizin dapat mengganggu plasenta,

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by aris miranto, Published at 03.31
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO