Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh - Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini berperan sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Istilah vitamin C sering merujuk pada senyawa asam askorbat yang merupakan bentuk paling umum. Banyak orang mengangap bahwa jeruk merupakan sumber vitamin C paling tinggi, namun buah lain seperti jambu biji, pepaya, lemon dan buah kiwi mengandung vitamin C lebih banyak.

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh
Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh
Berikut adalah Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh diantaranya;

Mengatasi Flu - Vitamin c memang tidak secara langsung menyembuhkan orang yang terkena Flu. Namun, konsumsi vitamin C dapat mempercepat penyembuhan dari penyakit Flu.

Sistem Kekebalan Tubuh - Vitamin C juga memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus, bakteri dan radikal bebas.

Antioksidan - Vitamin C sebagai antioksidan selain dapat memperbaiki sel tubuh juga jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas.

Penyakit Mata - Salah satu penyakit mata yang umum terjadi adalah katarak. Memenuhi kebutuhan konsumsi vitamin C harian dapat membantu mencegah penyakit katarak.

Kesehatan Kulit - Dalam merawat kecantikan, vitamin C memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan.

Kanker - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita yang mengasup banyak vitamin C dari makanan seperti buah-buahan atau sayur (bukan suplemen), memiliki risiko lebih rendah terkena kanker produksi asi.

Konsumsi Vitamin C

Badan Kesehatan Dunia (WHO) misalnya menetapkan hanya 45 mg sehari, Food Standard Agency di Inggris sebesar 40 mg per hari, dan National Academy of Sciences di Amerika Serikat antara 60 - 95 mg per hari. Di AS, jumlah asupan maksimal yang masih dapat ditoleransi adalah 2.000 milligram per hari.

Sumber terbaik vitamin C berasal dari buah segar, sayuran dan jus. Setengah cangkir (125 ml) jus jeruk mengandung sekitar 50 mg vitamin C. Selain jeruk, Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C lainnya dari kiwi, stroberi, paprika, dan sayuran brassica seperti brokoli dan kubis.

Gejala kekurangan vitamin C ditandai dengan kehilangan gairah makan, kram otot, kulit kering, rambut bercabang, gusi berdarah, anemia, infeksi, penyembuhan lambat.

nah itu serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh  semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca , dan jangan lupa baca jugaartikel lainya mengenai manfaat brotowali disini

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by aris miranto, Published at 15.16
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO