9 Cara Menjaga Behel atau pengguna kawat gigi

9 Cara Menjaga Behel atau pengguna kawat gigi

9 Cara Menjaga Behel atau pengguna kawat gigi - Kawat gigi atau behel memang sangat berguna bagi orang yang memiliki gigi yang tidak beraturan, tapi anda harus mengetahui cara merawat atau menjaga kesehatan pada saat menggunakan Behel atau kawat gigi. Memiliki gigi yang rapi dan rata yang di inginkan semua orang baik wanita maupun laki-laki.  Oleh sebab itu banyak remaja maupun orang dewasa yang berbondong-bondong pergi ke dokter gigi untuk memasang kawat gigi. Namun, kebanyakan dari mereka yang memakai kawat gigi kadang lupa untuk merawat kesehatan mulut dan giginya. Hal ini perlu diperhatikan bagi pengguna kawat gigi karena jika tidak dirawat maka bakteri akan terkumpul dan menyebabkanya sumber penyakit
 
9 Cara Menjaga Behel atau pengguna kawat gigi
9 Cara Menjaga Behel atau pengguna kawat gigi

Berikut 9 Cara Menjaga Behel atau pengguna kawat gigi diantaranya :

1. Mengunyah - Sebelum mengunyah makanan, biasakan untuk memotong makanan tersebut dalam ukuran kecil dan kunyah secara perlahan. Hal ini dimaksudkan agar kawat gigi anda tidak cepat rusak. Selain itu, dengan mengunyah secara perlahan akan mencegah luka di mulut anda yang disebabkan oleh gesekan kawat gigi.

2. Hindari makanan keras - Disarankan bagi anda yang menggunakan kawat gigi untuk mengkonsumsi makanan yang lunak. Misalnya sayuran seperti sayur bayam, sawi dan selada, atau buah-buahan seperti pisang, papaya dan semangka. Selain itu anda juga bisa mencoba sup jagung dan krim sup.

3. Jangan memakan permen karet - Sebaiknya saat sedang memakai behel, jangan mengkonsumsi permen karet. Karena permen karet yang lengket akan menempel pada kawat gigi dan akan sulit terlepas. Memaksakan diri untuk memakan permen karet malah akan merepotkan diri anda sendiri.

4. Hindari mengkonsumsi gula berlebih - Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Karena gula bisa menyebabkan berkumpulnya bakteri di sekitar kawat gigi. Bakteri tersebut bisa menembus kawat gigi dan menggerogoti kalsium gigi.

5. Gunakan gigi belakang saat mengunyah - Alangkah baiknya untuk menggunakan gigi bagian belakang saja saat Anda mengunyah makanan yang agak keras. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk menghancurkan makanan tersebut.

7. Rajin menggosok gigi - Ketika menggunakan behel akan lebih baik jika Anda menggosok gigi sesering mungkin, misalnya tiga sampai empat kali dalam sehari. Selain menggosok gigi, Anda juga bisa berkumur dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel. Tambahkan satu sendok makan air garam pada air untuk berkumur.

8. Banyak minum air putih - Anda disarankan untuk banyak-banyak meminum air putih. Tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya bakteri dan membuat mulut Anda terasa segar. Selain itu, meminum air putih juga bisa mengurangi bau mulut.

9. Rutin mengunjungi dokter gigi - Anda juga disarankan untuk lebih rajin ke dokter gigi saat menggunakan behel. Sebaiknya lakukan pembersihan mulut dan kawat gigi setidaknya satu kali dalam sebulan. Dengan begitu kebersihan gigi dan mulut Anda akan terjaga. 

nah ituserangkaian artukel yang admin tulis mengenai 9 Cara Menjaga Behel atau pengguna kawat gigi semoga bermanfaat bagi para pembaca , dan jangan lupa baca juga artikel mengenai cara memutihkan gigi secara alami disini

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Unknown, Published at 01.07
Copyright © 2013 Tips kesehatan terbaru | ARIS MIRANTO